Wednesday, August 19, 2015

Ngupil, Fenomena yang Tak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Hidung menyaring udara yang kita hirup setiap hari. Penyaringan dilakukan oleh bulu hidung yang halus. Itulah kenapa di dalam hidung selalu terdapat kotoran yang sering disebut sebagai upil. Ngupil adalah kebiasaan yang dilakukan untuk membersihkan hidung. Kebiasaan ini ternyata mempunyai dua dampak yang bertolak belakang. Tapi tetap saja, kebiasaan ngupil, fenomena yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut adalah penjelasan mengenai bahaya dan manfaat dari kebiasaan mengupil.

Ngupil, Fenomena yang Tak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Bahaya Ngupil, Fenomena yang Tak Bisa Dijelaskan secara Ilmiah

1. Membuat malu diri sendiri
Kebiasaan mengupil sering dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena ia akan merasa sangat malu jika dilihat oleh orang lain. Terutama apabila dilihat oleh orang yang kita suka. Jadi apabila hidung kita terasa gatal dan ingin mengupil, hendaknya kita memisahkan diri dan mengupil di tempat sepi untuk menjaga image kita.

2. Gangguan pernapasan
Mengupil dilakukan dengan cara memasukkan salah satu jari kira ke lubang hidung. Apabila kita tidak memperhatikan kebersihan, maka jari tersebut mengandung banyak kuman dan bisa saja virus flu berada di jari itu. Dan pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pernapasan seperti, flu, bersin-bersin, dan terasa gatal pada tenggorokan.

3. Merontokkan bulu hidung
Ada beberapa orang yang risih dengan keberadaan bulu hidungnya. Karena ia merasa bahwa bulu hidungnya terlalu panjang atau banyak. Apabila kita mengupil terlalu sering dan terlalu kasar, maka dapat merontokkan bulu hidung. Padahal bulu hidung memiliki peran yang cukup penting untuk menyaring polusi udara sehingga kita dapat menghirup udara yang bersih.

4. Mimisan dan iritasi
Dampak negatif lainnya adalah dapat menyebabkan mimisan dan iritasi. Apabila kita terlalu keras mengupil, maka dapat merusak lapisan yang ada di hidung, sehingga bisa menyebabkan iritasi bahkan mimisan.

5. Kematian
Ini adalah salah satu dampak yang paling parah. Tidak lucu jika ada seseorang mati karena mengupil, menggelikan memang. Tapi ternyata ada bukti medis yang menjelaskannya. Ngupil, fenomena tubuh dari luar logika. Hidung memiliki tulang dengan nama ethmoid. Tulang ini berfungsi sebagai pemisah antara hidung dan otak. Apabila dengan tidak sengaja kita menusuk tulang ini saat mengupil, maka akan menyebabkan cairan diotak keluar karena tulang ethmoid mengalami kebocoran. Hal tersebut bisa menimbulkan penyakit meningitis yang sangat berbahaya.

Manfaat Mengupil bagi Diri Sendiri

1. Menyehatkan dan membahagiakan
Upil adalah kotoran hasil penyaringan bulu hidung dan kemudian tersimpan di dalam hidung. Dengan mengupil maka akan mengeluarkan kotoran itu. Itulah kenapa mengupil dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, perasaan puas atau bahagia akan muncul ketika kita selesai mengupil. Mengupil, fenomena yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Hidung merupakan sebuah penyaring yang berfungsi untuk mengatasi bakteri dalam polusi yang terkumpul. Apabila campuran kotoran ini sampai di usus, artinya dimakan, maka dapat berfungsi seperti obat.

3. Mengurangi sekresi hidung
Dalam keadaan pilek, alergi dan infeksi sinusitis dapat meningkatkan lendir dalam hidung. Lama-kelamaan, lendir ini akan mengering dan mengganggu pernapasan. Dengan mengupil akan menghilangkan penumpukan lendir yang kering sehingga membuat pernapasan lebih lega.

Demikianlah artikel mengenai ngupil, fenomena yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak fakta-fakta yang ada dibalik kebiasaan mengupil. Dengan mengetahui dampak positif dan negatif dari mengupil diharapkan kita bisa dengan bijak untuk melakukan kebiasaan ini. Dan tak ada salahnya jika kita mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan ini.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :