Tuesday, August 18, 2015

Kisah Pencipta Coca Cola Yang Malah Meninggal Dalam Keadaan Miskin

Kisah Pencipta Coca Cola Yang Malah Meninggal Dalam Keadaan Miskin



Kisah Pencipta Coca Cola Yang Malah Meninggal Dalam Keadaan Miskin -Mungkin selama ini kebanyakan masyarakat mengira bahwa yang menciptakan Coca Cola adalah seorang businessman yang berhubungan dengan hobi kuliner, tapi siapa sangka ternyata seseorang yang menciptakan Coca Cola itu adalah seorang ahli farmasi

Dilansir dari www.biografiku.com, dia adalah John Stith Pemberton, seorang ahli farmasi yang tinggal di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar kedokteran bidang farmasi dari Universitas Philadelphia. Pria yang lahir pada tahun 1831 ini menjalani karier sebagai pemimpin pasukan di bidang militer berpangkat letnan satu dalam kesatuan angkatan darat.
John Stith Pemberton Kisah Pencipta Coca Cola Yang Malah Meninggal Dalam Keadaan Miskin
www.megacurioso.com.br

Selama lima tahun John Stith Pemberton berkarier di bidang militer, langkah selanjutnya Pemberton bekerja sebagai asisten Dr. Austin Walker, dia adalah seorang psikolog. Pemberton mulai menyimpan penghasilannya selama bekerja untuk melakukan penelitian dan juga pengembangan dalam bidang hak kepemilikan barang atau produk, seperti parfum dan obat-obatan tradisional. 

 

Memulai Karir Sebagai Businessman


Pada tahun 1869, Pemberton memutuskan untuk pindah ke Atlanta Georgia, di sana dia mulai mengawali kariernya sebagai businessman. John Stith Pemberton akhirnya sukses menciptakan dan menjual minuman beralkohol French Wine Coca. Sayangnya kesuksesan bisnis minuman John Stith Pemberton tidak berlangsung lama karena Atlanta mulai mengharamkan penggunaan alkohol dalam minuman pada tahun 1885. 

Sejak itulah John Stith Pemberton harus menciptakan minuman baru dengan menukar kandungan French Wine Coca serta membuang kata French Wine dalam minumannya. Bersama seorang rekannya bernama Frank Robinson, dia menggantikan kandungan kokain dengan gula, kafein, asam sitrat dan minyak pati buah-buahan yang masih diperbolehkan pada saat itu. Akhirnya terciptalah minuman Coca Cola dengan bahan utamanya adalah biji cola yang merupakan tumbuhan asli daerah tropis Afrika Barat dan daun coca yang pohonnya berasal dari Amerika Selatan. 

Untuk menjaga kualitas minuman hasil racikannya sendiri, Pemberton memberi nama Formula Coca Cola dengan istilah “Merchandise 7X”, atau disingkat dengan M7X, formula Coca Cola sangat dirahasiakan olehnya. 

Untuk mulai memasarkan minumannya, John Stith Pemberton dan rekannya Frank Robinson harus bekerja keras untuk menjual minumannya di dalam guci dan membawanya berkeliling kota menggunakan gerobak kuda. Mereka bahkan memberi gratis kepada masyarakat demi memperkenalkan minuman merk baru mereka. Banyak masyarakat yang menyambut dan menanggapi positif minuman Coca Cola miliknya tapi tetap saja keuntungan tidak begitu pesat diraihnya. 

 

Menjual Formula Coca Cola


Setelah penuh perjuangan selama setahun dan tidak berbuah manis dari usahanya, John Stith Pemberton akhirnya menyadari bahwa dia hanyalah seorang penemu dan tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan minuman Coca Cola miliknya itu menjadi merk minuman yang besar. 

Akhirnya dia pun memutuskan menjual formula Coca Cola kepada seorang anak pedagang terkenal dari Atlanta yang bernama Asa Candler dengan hak paten seharga 2.300 dolar AS. 

Setelah Asa Candler mendapatkan formula dari ramuan Coca Cola, dia pun memulai untuk mengolah minuman hasil temuan Pemberton itu. Untuk menarik masyarakat mau membeli dan menaikan pamor Coca Cola, Asa Candler menyimpannya pada guci menarik dan memberinya logo Coca Cola, dia juga melakukan promosi dengan membuat spanduk "Menjual Minuman Coca Cola" dan diletakan tepat di depan toko obat dr. Joseph Pharmacy. 

Hanya dalam hitungan jam pada saat itu, di tahun 1889 untuk pertama kalinya Asa Candler menjual Coca Cola dan langsung ludes terjual. Minuman Coca Cola laris terus dan mulai dikenal, akhirnya pada tahun 1892 Asa Candler bersama rekan bisnisnya membangun perusahaan Coca Cola yaitu The Coca Cola Company. Perusahaan Coca Cola mulai sukses besar karena produk mereka diterima di berbagai belahan dunia, bahkan hingga saat ini menjadi salah satu minuman utama di berbagai restoran. 

 

Kematian  John Stith Pemberton


Sementara itu, John Stith Pemberton meninggal dunia di tahun 1888, tidak lama setelah dia menjual formula dari ramuannya kepada Asa Candler.


Dilansir dari www.self.gutenberg.or, John Stith Pemberton meninggal dalam keadaan miskin, sakit, kecanduan morfin dan menderita kanker perut. Jasad John Stith Pemberton dikembalikan ke Columbus, Georgia dan dia dimakamkan di Linwood Cemetery. Begitulah Kisah Pencipta Coca Cola Yang Malah Meninggal Dalam Keadaan Miskin, semoga artikel ini bermanfaat.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :