Thursday, October 8, 2015

manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan Kita

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pepaya. Boleh dibilang, pepaya merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Anda bisa menemukan tanaman pepaya di mana-mana.
Pepaya merupakan buah dan tanaman yang serbaguna dan bisa dimakan baik matang ataupun mentah. Selain itu, menariknya tanaman ini, tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, tetapi daun dan akarnya pun bisa Anda konsumsi.
Selama ini pepaya, baik buah, akar maupun daunnya mungkin hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, padahal pepaya juga memiliki banyak manfaat sebagai obat untuk menangkal beberapa penyakit.
Nah, berikut manfaat lain dari daun papaya yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Di antaranya:
1. Kanker
Dilansir Connecting you and doctors | Meetdoctor.com, penyakit ini menjadi ancaman serius dan sangat menakutkan saat ini. Penderita kanker terus bertambah di dunia, termasuk di Indonesia. Data WHO menyebutkan setiap tahun penderita kanker bertambah 6,25 juta orang. Selanjutnya diperkirakan 9 juta orang akan meninggal karena kanker dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.
Untuk mengindari bahaya kanker, mulailah menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi sayur-sayuran, terutama daun pepaya. Pasalnya, daun pepaya yang dibuat menjadi minuman teh terbukti sangat efektif sebagai pencegah dan pengobatan kanker.
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2010 dari Journal of Ethnopharmacology mengatakan bahwa teh daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker, mengahambat pertumbuhan sel tumor, serta memodulasi efek anti tumor.
Selain dapat mencegah kanker, teh daun papaya pun dapat mencegah berbagai penyakit termasuk alergi.
2. Maag
Penyakit ini bisa dibilang penyakit khas manusia modern. Betapa tidak, kesibukan yang padat dan pola makan yang tidak teratur, membuat kita rentan terserang maag.
Maka itu, untuk menangkal serangan maag, perbanyaklah konsumsi daun pepaya. Daun yang rasanya pahit ini menurut sebuah studi yang dimuat West Indian Medical Journal edisi September 2008, dapat mengurangi keparahan ulkus (tukak lambung) dan memiliki efek antioksidan.
Ekstrak daun papaya pun dapat menurunkan lipid yang teroksidasi serta meningkatkan antioksidan di dalam sel darah merah.
3. Pencernaan
Susah buang air besar atau sembelit? Makanlah daun pepaya. Enzim papain yang terdapat dalam daun papaya dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengobati gangguan pencernaan.
Tidak hanya itu, teh daun papaya dapat mengurangisakit perut yang menimbulkan ketidaknyamanan dan penambah nafsu makan.
4. Antioksidan
Radikal bebas, seperti asap yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor, debu, dan sebagainya adalah musuh dari kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Tapi tenang, Anda bisa menangkalnya dengan daun pepaya.
Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun papaya dapat mengurangi hydrogen peroksida yang merupakan tanda kerusakan oksidatif.
Pada penelitian Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine pada Juni 2012 mengatakan bahwa teh daun papaya memiliki kandungan asam askorbat yang merupakan salah satu antioksidan.
Antioksidan tersebut disinyalir dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh seseorang.
Namun, selain manfaat, ada juga efek negatif dari daun pepaya. Perlu Anda ketahui, bagi beberapa orang, daun papaya dapat menyebabkan reaksi alergi.Jadi, jika muncul tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi daun papaya, maka hentikan penggunaan.


Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :

18 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
July 12, 2016 at 2:05 AM delete

artikel yang anda buat ini menambah inspirasi saya untuk membuat artikel obat jantung bocor yang lebih baik dan di kemudian hari

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 13, 2016 at 12:45 AM delete

the information you share is very rewarding and inspiring me to make the article better obat asma kronis

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 15, 2016 at 1:27 AM delete

I will strive to provide or prepare a better article again as kandungan zat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan

Reply
avatar
Axew Fadillah
AUTHOR
August 15, 2016 at 9:11 PM delete

thank for the post, i really happy to visit your website obatpolipempedu.mkes.info/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 18, 2016 at 1:06 AM delete

thank for the post, succesfull and healthy always eyecaresoftgel.mkes.info/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 18, 2016 at 6:48 PM delete

Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi oleh Obat Polip Lambung Tradisional Alami. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan. Inilah hidup sebagai romantika yang harus dirangkul. Resiko yang harus diambil. Lagu yang harus dinyanyikan Obat Polip Lambung Tradisional Alami. Anugerah yang harus dipergunakan. Berkah yang harus dicapai., dan mimpi yang harus diwujudkan.

Reply
avatar
September 4, 2016 at 6:49 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 4, 2016 at 6:49 PM delete

Mata berair (epifora) yaitu keadaan saat mata berair terus-menerus.Pengertian dan Cara Mengobati Mata Berair
Hipermetropi atau Hiperopia atau rabun dekat ialah kelainan refraksi mata dimana bayangan dari sinar yg masuk ke mata jatuh di belakang retina.Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Mata Hipermetropi
Ablasio retina sendiri sebetulnya tak memunculkan rasa sakit.Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Ablasio Retina
Bintitan yakni penyakit infeksi yg menyerang kelenjar Zeis atau Meibom terhadap mata.Pantangan Makanan yang Harus Dihindari dan yang Dilarang Untuk Penderita Hordeolum (Bintitan) pada Mata
Mau tahu apa saja buah-buahan yg baik dimakan sekaligus bakal menurunkan mata minus ? Seandainya benar begitu, janganlah lalu tutup jendela browsernya sob.Buah-buahan yang Baik untuk Menurunkan Mata Minus

Reply
avatar
JinBasster
AUTHOR
September 13, 2016 at 11:32 PM delete

very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
emping adalah penyebab asam urat
makanan yang sehat untuk tulang
obat hidung tersumbat karena penyakit
obat pembesar payudara

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 30, 2016 at 5:43 PM delete

Informasi yang sangat menarik. Disini saya ingin berbagi mengenai masalah kesehatan. Ada banyak sekali buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti Jenis-Jenis Buah Yang Bagus Untuk BAB Berdarah, mungkin buah yang kita tahu untuk melancarkan BAB itu adalah pepaya, tapi apakah Anda tahu Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Berdarah itu apa saja ?, Sejauh manakah Anda tahu Penyebab BAB Berdarah Pada Semua Kalangan ? Anda harus mengetahuinya karena itu untuk bekal kesehatan Anda.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
January 30, 2017 at 11:12 PM delete

Cara Mengobati Miom
Miom merupakan jenis tumor jinak yang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja, maka dari itu segeralah untuk mengobatiny jika Anda memiliki keluhan penyakit miom baik dengan cara medis atau cara alternatif herbal dengan QnC Jelly Gamat Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 14, 2017 at 6:43 PM delete

Bagi Anda yang mengalami infeksi rahim, silahkan mengunjungi website kami disini Jika Anda Penderita Infeksi Rahim, Hindari Makanan Ini

Reply
avatar
Fauzi Noer
AUTHOR
April 20, 2018 at 5:51 PM delete

http://caracepatmengecilkanperutbuncit.xyz/

Reply
avatar