Monday, August 24, 2015

mau tahu Fakta Unik Tentang Puting Payudara Anda

Puting payudara merupakan salah satu bagian tubuh paling sensitif baik seorang wanita maupun laki-laki. Buktinya, jika disentuh pada bagian itu maka akan sangat berasa. Namun, banyak hal-hal unik yang jarang diketahui orang tentang puting payudara.
Dari puting payudara Anda bisa mengetahui kesehatan tubuh. Jika Anda tiba-tiba melihat kerutan di puting payudara atau kulit sekitarnya pada salah satu puting, segera hubungi dokter. Bisa jadi hal itu merupakan tanda awal peringatan bahwa Anda terkena kanker payudara.
Selain masalah kesehatan, ketahui juga 7 fakta unik tentang puting payudara Anda baik wanita maupun pria wajib ngerti:

1. Sport bra sebabkan radang pada puting

Bra khusus untuk olahraga yang tidak pas atau band aid yang ditempel pada puting saat berolahraga dapat sebabkan puting tergesek dan akhirnya meradang. Akan tetapi segeralah periksakan diri apabila terjadi perubahan pada puting Anda seperti memerah, gatal, atau mengelupas. Beberapa hal itu merupakan gejala awal penyakit Paget yaitu kanker yang melibatkan puting dan aerola. Atau bisa juga tanda-tanda tersebut merupakan penyakit eksim. Oleh karena itu biarkan dokter yang menganalisa, tugas Anda hanya segera lakukan tindakan ke dokter.

2. Umumnya cairan dari puting itu normal

Jika Anda seorang wanita yang sedang hamil tua atau menyusui biasanya akan terjadi keluarnya cairan ASI dari puting. Akan tetapi sebagian wanita meski tidak hamil atau menyusui terkadang keluar cairan dari puting jika ditekan. Tak perlu khawatir, sebagian besar wanita yang mengalami hal itu umumnya normal. Akan tetapi perlu diwaspadai ketika cairan yang keluar dengan sendirinya dan bercampur darah dari salah satu payudara Anda. Bisa jadi cairan tersebut berasal dari kista atau kanker payudara. Sebagaimana diungkap oleh ahli bedah payudara dari Momstown Medical Center, New Jersey.

3. Puting berbulu itu normal baik wanita maupun pria

Bintik-bintik kecil atau benjolan kecil disekitar puting yang berisi folikel rambut merupakan sesuatu yang normal terjadi. Pada pria hal itu biasa terjadi, wanita juga sebagian terjadi tapi tidak sebanyak pada pria. Untuk wanita, Anda bisa mencabutnya untuk menghilangkan rambut atau mencukurnya dengan pisau cukur. Namun jika disertai rasa gatal dan mengelupasnya kulit maka segera konsultasikan ke dokter.




4. Puting merupakan daerah sensitif pria dan wanita

Sensitifitas puting payudara lebih lebih dari yang Anda kira. Puting sangat sensitif, responnya sama seperti ketika vagina, klitoris atau penis dirangsang. Merangsang puting sama dengan mempengaruhi otak yang sama saat merangsang vagina. Hal itu dikemukakan dari penelitian yang dilakukan Rutgers University. Oleh karena itu sebagian orang yang melakukan tindik pada puting, rasa menyenangkan dari rangsangan puting akan hilang sebab syaraf padanya telah rusak.

5. Ada banyak orang memiliki 3 puting

Ada lebih banyak orang yang memiliki tiga puting dari yang Anda kira, wanita maupun pria. Beberapa tokoh terkenal seperti Lily Allen dan Mark Wahlberg merupakan salah satu orang yang mempunyai puting cadangan. Tidak masalah memiliki lebih dari dua puting, jika tidak suka Anda juga bisa menghilangkannya dengan cara bedah. Biasanya memakan waktu hanya sekitar 30 menit saja. Akan tetapi jika dibiarkan, pun tidak mengganggu kesehatan.

6. Puting terbalik atau masuk ke dalam bukan masalah

Beberapa wanita memiliki puting yang tidak terlalu menonjol. Atau biasanya disebut puting terbalik. Hal itu biasa terjadi sejak lahir dan tidak perlu Anda khawatirkan. Di New York, sekitar 15% wanitanya memiliki puting yang masuk ke dalam. Paul Lorenc, MD seorang ahli bedah asal New York mengatakan bahwa puting yang masuk ke dalam diakibatkan karena ada jaringan yang menariknya. Masalah kecil ini bisa diatasi dengan bedah ringan yang hanya dilakukan anestesi lokal. Jika Anda seorang ibu menyusui cukup lakukan sesering mungkin untuk menyusui bayi Anda pada payudara yang putingnya tidak keluar.

7. Nyeri puting saat menyusui bisa dicegah

Keluhan yang sering terjadi pada puting ibu menyusui adalah nyeri, panas, luka. Keluhan ini merupakan kejadian umum dan tidak perlu dikhawatirkan. Semua ibu menyusui pada minggu pertama akan mengalami hal demikian dikarenakan cara menyusui yang tidak benar. Jika rasa sakit itu terus menerus terjadi berkelanjutan maka konsultasikan kepada dokter spesialis laktasi untuk mendapatkan solusi.

Demikian beberapa fakta unik dari puting payudara yang harus Anda ketahui. Jaga dan rawat puting dan payudara agar Anda tidak mendapati masalah yang serius. Jika ada hal-hal yang terjadi diluar pengetahuan Anda segeralah konsultasi pada dokter spesialis.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :