Monday, August 10, 2015

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap wanita dan pada masa ini wanita yang sedang hamil perlu lebih waspada dengan kondisi kehamilannya, tak jarang ada beberapa kesalahan yang dilakukan ibu hamil yang dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ibu Hamil

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ibu Hamil, Ada 7 Kesalahan!
Kesalahan pada masa kehamilan memang sering terjadi karena ketidaktahuan dan kurangnya informasi tentang kehamilan. Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ibu hamil dan beresiko pada janin dalam kandungan. Berikut daftar tujuh kesalahan yang umum dilakukan oleh ibu hamil:

1. Tidak menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara
Banyak ibu hamil yang mengaku takut menggunakan sabuk pengaman karena mereka berpikir akan menekan dan melukai janin dalam kandungan. Faktanya banyak kecelakaan yang terjadi dijalan yang menewaskan janin dalam kandungan karena tidak menggunakan sabuk pengaman.  Jika anda takut menggunkan sabuk tersebut karena bisa menekan janin maka longgarkanlah sabuk pengaman dan lilitkanlah di bawah perut.

2. Tidak mengkonsumsi obat-obatan
Seseorang yang terserang penyakit diharuskan untuk mengonsumsi obat agar cepat sembuh, tetapi banyak ibu hamil yang tidak mengonsumsi obat-obatan ketika sakit karena takut janin yang dikandungnya akan mengalami cacat. Itu adalah tindakan yang sangat keliru. Jika anda mengidap suatu penyakit maka konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter apakah harus tetap mengkonsumsi obat tersebut atau berhenti mengkonsumsinya karena hamil.

3. Makan terlalu banyak
7 kesalahan yang dilakukan ibu hamil selanjutnya adalah mengonsumsi makanan berlebih. Mayoritas ibu hamil menambah porsi makannya dalam jumlah besar karena mereka menganggap yang mengkonsumsi makanan tersebut dua orang yaitu dirinya dan janin dalam kandungan. Sebenarnya ibu hamil hanya membutuhkan tambahan makanan sebesar 300 kalori sehingga berat badan akan naik hanya sekitar 12 kg. Jika berat badan terlalu naik maka akan mengakibatkan hipertensi, diabetes, dan ukuran bayi menjadi sangat besar sehingga mempersulit dalam proses persalinan.

4. Tidak melakukan aktifitas fisik atau berolah raga
Wanita yang sedang hamil disarankan untuk tetap berolah raga tetapi tidak dalam skala berat. Olah raga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil seperti jalan kaki dan berenang agar tubuh dan kandungan tetap sehat dan bugar. Jika anda takut mengalami keguguran maka konsultasikanlah dengan dokter.

5. Melakukan operasi caesar.
Operasi caesar hanya diperuntukkan untuk ibu hamil yang mengalami kesulitan dalam proses persalinannya. Operasi ini merupakan operasi besar yang memiliki resiko yang cukup besar juga seperti adanya infeksi, kesulitan dalam menyusui, dan proses pemulihannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga jika anda memungkinkan untuk melahirkan dengan normal maka lakukanlah dengan normal bukan memilih operasi caesar. Ini adalah salah satu kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ibu hamil.

6. Tidak sarapan.
Ibu hamil harus menjaga asupan gizinya dan harus tetap makan tiga kali sehari dalam porsi yang secukupnya. Pada awal kehamilan kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah-muntah sehingga mengurangi nafsu makan. Tetapi meskipun begitu ibu hamil harus tetap mangonsumsi makanan agar asupan gizi janinnya terpenuhi. Jika anda membiarkan perut dalam keadaan kosong selama 9-12 jam maka akan beresiko bayi anda lahir prematur.

7. Kurang memperhatikan emosi
Ibu hamil membutuhkan kondisi fikiran yang rileks, karena kondisi emosi yang tidak stabil seperti stress dapat memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat dan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi makanan tersebut. Kondisi tersebut hanya akan menambah berat badan ibunya saja sedangkan janin dalam kandungan tidak menerima nutrisi dengan baik.

Itulah beberapa kesalahan yang dilakukan ibu hamil dan masih sering kita jumpai dimasyarakat padahal hal itu dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :