Monday, August 10, 2015

Inilah Racun yang Sering Kita Makan Tanpa Sadar Setiap Hari

Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, berbagai jenis ikan dan daging, namun tahukah anda bahwa semua makanan yang telah dikonsumsi tubuh kita ternyata mengandung racun yang sering kita makan tanpa sadar. Racun yang terdapat dalam makanan dapat mengganggu kesehatan jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan salah dalam memasaknya.

Inilah Racun yang Sering Kita Makan Tanpa Sadar Setiap Hari

Seseorang sering tidak menyadari adanya zat-zat berbahaya yang terdapat dalam makanan yang setiap hari dikonsumsinya. Kandungan zat berbahaya tersebut dapat berupa racun yang dapat mengganggu kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Apa saja makanan yang mengandung racun? Berikut adalah 10 makanan yang mengandung racun tanpa kita sadari dan telah dikonsumsi setiap hari:

1. Tomat
Tomat merupakan salah satu sayuran favorit yang disukai oleh kebanyakan orang karena selain rasanya yang manis dan segar, sayuran ini juga banyak mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Namun tahukah anda ternyata sayuran ini mengandung Glycoalkaloid yang dapat menyebabkan rasa gugup dan sakit perut.

2. Almond
Ternyata almond mengandung zat yang beracun yaitu sianida yang membuat rasa kacang ini sedikit pahit. Sianida merupakan jenis racun yang dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Sehingga sebelum mengkonsumsi kacang ini harus melalui proses pemasakan dalam suhu yang tinggi untuk menghilangkan rasa pahit dan racunnya.

3. Apel
Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena selain kaya akan vitamin, buah ini juga memiliki rasa yang enak dan mudah didapatkan. Ternyata apel juga mengandung zat-zat beracun yang sering kita makan tanpa kita sadari yaitu sianida yang terdapat pada bagian bijinya.

4. Cherry
Cherry merupakan salah satu buah multifungsi karena dapat dimakan langsung, dibakar, dibuat manisan, atau bahkan dapat dijadikan minuman. Ternyata buah ini mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi kesehatan. Seseorang yang mengalami keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil dapat menyebabkan pusing dan muntah, namun jika dalam dosis besar dapat mengakibatkan kesulitan dalam bernafas, naiknya tekanan darah dan detak jantung, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

5. Kentang
Kentang merupakan sayuran yang sering digunakan sebagai pengganti nasi untuk diet karena rendah lemak dan mengenyangkan. Ternyata sayuran ini mengandung Glycoalkaloid yang dapat menyebabkan kematian, namun racun ini hanya ditemui pada kentang yang masih kehijau-hijauan dan sudah berakar.

6. Cabe
Cabe merupakan sumber racun yang tanpa sadar rutin kita konsumsi. Mengapa demikian? Ada beberapa jenis cabe yaitu cabe rawit, hijau, keriting, dll, dan ternyata semua jenis cabe itu mengandung zat capsaicin. Zat ini mampu menghilangkan cat dan bahkan dijadikan bahan pepper sprays yang dapat membutakan mata. Jika zat ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan kematian.

7. Jamur
Jamur memiliki jenis yang sangat banyak sehingga susah untuk membedakan mana yang beracun dan mana yang tidak. Namun secara umum tumbuhan ini mengandung gas yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

8. Biji jambu monyet
Jambu monyet memiliki biji yang sering dikonsumsi oleh banyak orang karena memiliki rasa yang unik. Ternyata biji tersebut mengandung racun urushiol yang dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi secara langsung tanpa proses pemasakan.

9. Pufferfish
Pufferfish merupakan jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh orang Jepang dan Korea. Ternyata ikan ini mengandung tetrodotoxin yang dapat menyebabkan darah tinggi, mati rasa, kesulitan bernafas, dan bahkan kematian.

10. Cassava
Cassava merupakan jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Karibean. Tumbuhan ini banyak dikonsumsi oleh orang karena dapat dimakan manis maupun pahit. Ternyata tumbuhan ini mengandung cyanogenic glocosides yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kematian.

Itulah beberapa informasi seputar racun yang sering kita makan tanpa sadar dan terdapat dalam berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. 

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :