Monday, August 17, 2015

Delapan tempat wisata di Bali yang Tidak Bikin Kantong Kempes

Traveling menjadi hal yang menyenangkan sekaligus boros. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya biaya yang dikeluarkan selama kegiatan berlangsung. Mulai dari biaya perjalanan pulang pergi, pengeluaran untuk akomodasi dan makan, tiket masuk area wisata hingga keperluan membeli cindera mata. Biaya akan semakin membengkak jika tujuan traveling adalah destinasi wisata kelas dunia, seperti Bali.
Namun bagi Anda yang hendak berlibur tanpa harus was-was kantong kempes, maka beberapa destinasi cantik di Bali ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Anda tidak perlu membayar mahal mahal untuk menikmati keindahan berikut ini bahkan beberapa diantaranya bisa Anda nikmati tanpa harus keluar biaya sepeser pun.

1. CHARLIE’S CHOCOLATE FACTORY

Membaca namanya pasti sebagian besar dari Anda akan langsung teringat pada pabrik cokelat milik Willy Wonka yang ada di dalam film yang rilis tahun 2005 berjudul Charlie and the Chocolate Factory. Tapi pabrik cokelat yang ada di Jalan Pantai Jasri, Karangasem, Bali ini bukanlah milik Willy Wonka melainkan milik Charly seorang warga Amerika.
Charlie’s Chocolate Factory by Timothy Felix [image source]
Charlie’s Chocolate Factory by Timothy Felix [image source]
Sebetulnya di kawasan ini banyak sekali terdapat pabrik cokelat milik warga negara asing namun pabrik cokelat Charly menjadi yang paling populer karena lokasinya berada di pinggir pantai dengan dikelilingi pohon kelapa yang teduh. Tarif masuk ke kawasan chocolate factory hanya Rp. 10 ribu saja, dan Anda bisa mencicipi aneka olahan cokelat secara cuma-cuma. Setelah itu Anda dapat menikmati keindahan pantai Jasri dengan cara jalan-jalan di pinggir pantainya atau sambil bermain ayunan di depan Charlie’s Chocolate Factory.

2. BUKIT ASAH

Mencari tempat yang cantik di Bali seakan tidak ada habisnya. Namun pernahkah terfikir oleh Anda jika di sana banyak sekali tempat tersembunyi yang lebih cantik ketimbang destinasi yang telah populer selama ini? Salah satu tempat yang musti Anda kunjungi untuk membuktikannya adalah Bukit Asah. Bukit cantik ini menjadi primadona baru wisatawan yang hobi kemping.
Bukit Asah by Haryadi Wijaya [image source]
Bukit Asah by Haryadi Wijaya [image source]
Bukit Asah terletak di timur Bali, berjarak sekitar 57 kilometer dari Denpasar tepatnya berada di Desa Bugbug, Kecamatan/ Kabupaten Karangasem. Kondisi geografis desa ini berupa perbukitan, salah satunya adalah Bukit Asah ini. Bawalah perlengkapan kemping dan bermalam di sana, sambutlah mentari pagi cantik yang muncul dari balik Samudera Hindia.
Namun jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang Anda buat, jangan sampai mengotori kawasan indah ini. Satu lagi yang perlu diingat, rute menuju lokasi masih terbilang cukup berat, beberapa review menyarankan traveler untuk tidak mengendarai motor matic. Kemping di sana tidak dipungut biaya, hanya saja traveler harus membayar biaya parkir sekitar Rp. 5 ribu saja.

3. WATER BLOW

Berada di Nusa Dua nyatanya tak membuat destinasi ini dikenal bahkan penduduk lokal sekalipun masih ada yang tidak tahu keberadaan spot cantik berikut ini. Water Blow, begitulah nama spot cantik ini dinamakan. Dulunya tempat ini tidak memiliki nama dan hanya berupa tebing curam yang nampak berbahaya dengan semburan ombak dari dasar tebing. Tapi kini kawasan ini telah dirapikan oleh pihak BTDC (Bali Tourism Development Corporation).
Water Blow [image source]
Water Blow [image source]
Hasilnya dapat Anda lihat sekarang, terdapat jalan setapak konblok dengan pagar pembatas yang aman untuk dilalui traveler. Kawasan ini memang terdapat celah tebing sempit yang jika diterpa ombak besar akan terhempas hingga puluhan meter ke udara hasilnya meski berada di atas tebing Anda akan basah kuyup dibuatnya.
Mencari lokasi Water Blow merupakan hal yang gampang-gampang susah. Anda bisa menemukannya di belakang Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, ikuti jalan setapak hingga bertemu gerbang bertuliskan Water Blow.

4. DANAU LOTUS CANDIDASA

Liburan di Bali bisa membuat Anda serasa jadi bangsawan yang memiliki kolam bunga teratai di pekarangan rumah jika Anda berkunjung ke Candidasa, Karangasem. Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dari Kuta. Candidasa merupakan tempat wisata yang terdiri dari berbagai destinasi menarik mulai dari pantai, pura hingga danau.
Danau Lotus Candidasa by Миклуха-Маклай [image source]
Danau Lotus Candidasa by Миклуха-Маклай [image source]
Salah satu spot tercantik di sana adalah Danau Candidasa yang berisi penuh dengan bunga teratai berwarna pink. Danau yang tidak terlalu besar ini berada tengah taman cantik berhias patung-patung. Duduk di pinggir danau sambil memandang hamparan bunga teratai akan membuat hati menjadi damai, seperti yang dilakukan turis dalam foto di atas.

5. ANGEL’S BILLABONG

Nikmati berenang di kolam infiniti alami Angel’s Billabong. Letaknya berada di Nusa Penida, sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Klungkung. Pulau ini menyimpan beberapa surga tersembunyi yang jarang diketahui wisatawan. Akses menuju lokasi yang masih terbatas serta belum berkembangnya sarana dan prasarana di tempat-tempat wisata membuat kawasan ini menjadi surga tersembunyi.
Angel's Billabong by Sarah Octova Sinaga [image source]
Angel’s Billabong by Sarah Octova Sinaga [image source]
Angel’s Billabong merupakan muara dari sungai di Nusa Pedina yang langsung menuju laut bebas. Aliran sungai ini membentuk banyak cerukan yang membentuk kolam yang jernih. Dijamin Anda akan tergoda untuk berenang di kolam-kolam tersebut apalagi pemandangan laut lepas menjadi suguhan utama kolam alami ini. Menemukan lokasi Angel’s Billabong tidak mudah, Anda harus menuju Pantai Uug setelah itu bertanyalah pada penduduk sekitar untuk menuju ke lokasi.

6. PANTAI YEH LEH

Beralih ke Jembrana terdapat pantai Yeh Leh yang memiliki karakteristik unik dibanding pantai-pantai kebanyakan di Bali. Pantai yang oleh turis asing dijuluki Mystery Boulder Beach ini memang spektakuler. Alih-alih memiliki pantai yang berpasir, pantai ini menyajikan dekorasi unik nan indah berupa ribuan batu yang terhampar di pantainya.
Pantai Yeh Leh by Kirana Photography [image source]
Pantai Yeh Leh by Kirana Photography [image source]
Kawasan ini berada di perbatasan antara dua kabupaten yakni Jembrana dan Tabanan sehingga traveler bisa menemukan pula dua lambang kabupaten dalam satu lokasi. Enaknya lagi untuk menikmati kawasan secantik ini setiap traveler hanya ditarik retribusi parkir saja yang dijamin tidak membuat kantong Anda kekeringan.

7. DANAU TAMBLINGAN

Terselip diantara tiga destinasi terkenal di Bali yakni Bedugul, Air Terjun Gitgit dan Pantai Lovina terdapat satu danau lagi yang cukup asri. Danau ini dinamakan dengan Danau Tamblingan dan terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Bali. Kawasan ini terbilang salah satu yang paling keren diantara danau lainnya di Pulau Dewata.
Danau Tamblingan by Ari Amphibia [image source]
Danau Tamblingan by Ari Amphibia [image source]
Merasakan keaslian alam bisa didapatkan kala rekreasi ke danau ini. Danau tamblingan merupakan spot wisata air yang terbebas dari perahu motor, yang ada hanyalah perahu dayung yang disebut dengan “pedahu.” Dengan pedahu inilah traveler bisa berkeliling danau sambil menikmati suasana sejuk alam sekitar danau atau bisa juga sambil melakukan kegiatan memancing.

8. RUMAH POHON DESA BATU DAWA TULAMBEN KARANGASEM

Menyusuri kawasan Bali di bagian timur akan membawa Anda menuju sebuah lokasi yang cantik berikut ini. Adalah Rumah Pohon Desa Batu Dawa yang terletak di Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Bila kesulitan menemukan lokasi ini Anda bisa bertanya pada penduduk setempat yang dengan senang hati akan menunjukkan lokasinya.
Rumah Pohon Desa Batu Dawa Tulamben Karangasem by meciinasrii [image source]
Rumah Pohon Desa Batu Dawa Tulamben Karangasem by meciinasrii [image source]
Masuk ke kawasan wisata ini tidak dipungut biaya dengan tarif pasti, setiap traveler hanya dimintai donasi sukarela untuk memastikan spot ini tetap lestari dan bisa dinikmati. Disini traveler bisa menemukan rumah pohon yang unik dililit oleh cabang-cabang yang membuatnya terlihat seperti pohon yang mendorong rumah menuju ke atas. Disekitar lokasi juga terdapat struktur menarik lainnya berupa bukit batu bertingkat yang bisa didaki hingga puncak.
Itulah beberapa destinasi di Bali yang ramah bagi isi dompet traveler. Destinasi tersebut sangat cocok untuk dinikmati para backpacker meski tak melarang traveler tajir untuk menikmatinya juga.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :